Bhabinkamtibmas Polsek Pelaihari, Polres Tanah Laut, Polda Kalsel tepatnya Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Aipda Budi Setiawan mendatangi warga yang memiliki peternakan Sapi di Desa setempat, Rabu (18/5).

Kedatangan Aipda Budi Setiawan adalah untuk memberikan sosialisasi dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak sapi yang sedang menjadi trend saat ini.

Pada kesempatan itu Aipda Budi Setiawan meninjau kandang sapi milik warga tersebut dan menyampaikan pesan- pesan tertang pencegahan terhadap PMK (penyakit Mulut dan kuku) pada hewan ternak khususnya peternak sapi di Desa tersebut.

Aipda Budi Setiawan menerangkan tentang upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK yang antara lain dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kesehatan, yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan disekitar kandang agar kandang tetap dalam keadaan bersih.

“Kami menghimbau warga masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK tidak menular kepada manusia, jadi kita tidak usah takut mengkonsumsi daging sapi maupun daging hewan lainnya” himbau Aipda Budi.

Apabila ada hewan ternak yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat agar mendapatkan pengobatan dengan baik, tidak perlu dijual karna hewan tersebut hanya perlu diisolasi dan diobati dan dapat disembuhkan.

“Angka kematian hewan ternak yang tertular PMK sangat kecil hanya 5 % sehingga peternak tidak perlu khawatir” Ucap Aipda Budi.

Sebelumnya Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K telah mengintruksikan kepada seluruhnya jajarannya khusunya para Bhabinkamtibmas agar melakukan sosialisasi dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak di Kabupaten Tanah Laut.