Mengenal Sosok Kombes Zain Dwi Nugroho Kapolres Metro Tangerang Kota Yang Baru

Mutasi jabatan ditubuh Polri merupakan sesuatu hal biasa sebagai upaya penyegaran dan promosi yang berkelanjutan.
Begitu juga adanya pergantian Kapolres di Polres Metro Tangerang Kota.
Pejabat lama Kombes Pol Komarudin kini digantikan oleh Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.
Nama Kombes Zain Dwi Nugroho memang sudah tak asing lagi terlebih bagi masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Tangerang.
Mantan Kapolresta Tangerang yang dikenal respect dan merespon whatsapp maupun telepon wartawan yang sedang mencari informasi terkait perkembangan kasus ini, kini resmi memimpin Polres Metro Tangerang Kota.
Jejak karir lulusan Akpol 1997 ini memang tergolong cemerlang
Karirnya terlihat mulai menanjak saat di tahun 2010 lalu Ia dipercaya sebagai Kapolsek Taman Sari.
Setelah menjabat Kapolsek Taman Sari, Pria kelahiran Demak 3 Mei 1976 ini mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) dan dinyatakan lulus.
Begitu lulus,dirinya lalu ditugaskan ke Polda Aceh.Namun tak lama Ia pun kembali ditarik ke Ibu Kota sebagai Kanit IV/Satindag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.
Pada Agustus 2014 dirinya mendapat tugas pertama sebagai Kapolres di Magelang.
Di Magelang Ia menjabat dua kali sebagai Kapolres, yakni Kapolres Kota Magelang dan Kapolres Kabupaten Magelang.
Usai dua kali menjabat kapolres di Magelang, Perwira menengah Polri yang berasal dari keluarga sederhana ini mendapat kenaikan posisi menjadi Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Tengah.
Empat tahun berkarier di Jawa Tengah, Kombes Zain Dwi Nugroho dipanggil untuk mengikuti seleksi sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Tak lama menjadi Sespri Kapolri, tepatnya pada November 2018 Kombes Zain Dwi Nugroho ditugaskan menjadi Kapolres Sidoarjo. Dua tahun kemudian, ia mendapat tugas baru ke Polda Riau sebagai Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum).

Pergantian pucuk pimpinan Polri ke Jenderal Idham Aziz, membuat Kombes Zain Dwi Nugroho kembali ditarik ke Jakarta.
Sejak 2021 ia bertugas di Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Umum Badan Reserse dan Kriminal Polri .
Kemudian Zain kembali dipercayakan memimpin dua kali sebagai Kapolres yaitu Polresta Tangerang Kabupaten dan kini Polres Metro Tangetang Kota.
Masyarakan Kota Tangerang berharap, dibawah kepemipinan Kombes Pol Zain Dwi Nugraha.Kota Tangerang akan semakin aman dan nyaman serta selalu bersinergi dengan semua elemen masyarakat termasuk insan media.